Selamat Datang Di Blog Saya

Selasa, 20 Oktober 2020

GAMES ADALAH...

 SUMBER https://waston.wordpress.com/2012/03/04/game-adalah/


        Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik,

merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat

semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga

adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu

sarana pembelajaran. Game edukasi dibuat dengan tujuan spesifik

sebagai alat pendidikan, untuk belajar mengenal warna, mengenal

huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Desainer

yang membuat game harus memperhitungkan berbagai hal agar

game benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan

meningkatkan keterampilan yang memainkannya. Game edukasi di

Indonesia bisa masyarakat temukan di berbagi toko buku, tempat

hiburan, pameran atau bazar dan di sekolah-sekolah yang bekerja

sama langsung dengan perusahaan pembuat game tersebut. Game

edukasi dalam perancangan ini ditujukan pada produk keluaran PT

Maximize Informa Studio Indonesia (MISI) yang bernama “Edu-

Games”.

Kondisi ideal dari keberadaan Edu-Games, yaitu berada pada taraf

yang sama dengan game sejenis. Keseimbangan itu dilihat dari

promosi yang dilakukan, mengingat peran promosi tersebut sangat

penting dalam menunjukan keberadaan Edu-Games.

Berdasarkan wawancara dengan Bapak Asep seorang desainer game

edukasi dari sebuah perusahaan game interaktif, keberadaan game

edukasi itu sangat jarang, hal itu disebabkan karena dianggap kurang

menarik dan belum semua kalangan mengetahui karena promosi

game edukasi hanya terbatas pada kawasan promosi tertentu saja

lain halnya dengan keberadaan game hiburan.



  SUMBER https://sains.kompas.com/read/2018/06/28/203300723/penemuan-yang-mengubah-dunia--video-game-hiburan-hingga-kecanduan?page=all


        Awal Mula Video game yang kini dengan mudah kita temui ternyata juga bermula

dari laboratorium para ilmuwan. Pada sekitar 1940-an, untuk ditampilkan dalam sebuah 

pameran dunia, Edward U. Condon mendesain komputer yang memainkan permainan tradisional Nim. 

Dalam permainan tersebut, para pemain harus menghindari untuk mengambil batang korek terakhir.

Permainan ini 90 persen dimenangkan oleh komputer. Pada 1947, Thomas T. Goldsmith Jr 

dan Estle Ray Mann mematenkan sebuah "perangkat hiburan tabung sinar katoda"

Tabung sinar katoda sendiri biasa digunakan pada televisi tabung. Permainan yang mereka 

patenkan ini bisa dibilang sebagai permulaan video game yang menantang pemainnya untuk 

menembakkan senjata ke arah target. Pada 1952, seorang profesor Inggris bernama 

A.S Douglas menciptakan video games yang disebut dengan OXO sebagai bagian dari

disertasinya di University of Cambridge. Permainan ini mirip dengan tic-tac-toe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar