SUMBER https://waston.wordpress.com/2012/03/04/game-adalah/
Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik,
merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat
semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga
adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu
sarana pembelajaran. Game edukasi dibuat dengan tujuan spesifik
sebagai alat pendidikan, untuk belajar mengenal warna, mengenal
huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Desainer
yang membuat game harus memperhitungkan berbagai hal agar
game benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan
meningkatkan keterampilan yang memainkannya. Game edukasi di
Indonesia bisa masyarakat temukan di berbagi toko buku, tempat
hiburan, pameran atau bazar dan di sekolah-sekolah yang bekerja
sama langsung dengan perusahaan pembuat game tersebut. Game
edukasi dalam perancangan ini ditujukan pada produk keluaran PT
Maximize Informa Studio Indonesia (MISI) yang bernama “Edu-
Games”.
Kondisi ideal dari keberadaan Edu-Games, yaitu berada pada taraf
yang sama dengan game sejenis. Keseimbangan itu dilihat dari
promosi yang dilakukan, mengingat peran promosi tersebut sangat
penting dalam menunjukan keberadaan Edu-Games.
Berdasarkan wawancara dengan Bapak Asep seorang desainer game
edukasi dari sebuah perusahaan game interaktif, keberadaan game
edukasi itu sangat jarang, hal itu disebabkan karena dianggap kurang
menarik dan belum semua kalangan mengetahui karena promosi
game edukasi hanya terbatas pada kawasan promosi tertentu saja
lain halnya dengan keberadaan game hiburan.
SUMBER https://sains.kompas.com/read/2018/06/28/203300723/penemuan-yang-mengubah-dunia--video-game-hiburan-hingga-kecanduan?page=all
Awal Mula Video game yang kini dengan mudah kita temui ternyata juga bermula
dari laboratorium para ilmuwan. Pada sekitar 1940-an, untuk ditampilkan dalam sebuah
pameran dunia, Edward U. Condon mendesain komputer yang memainkan permainan tradisional Nim.
Dalam permainan tersebut, para pemain harus menghindari untuk mengambil batang korek terakhir.
Permainan ini 90 persen dimenangkan oleh komputer. Pada 1947, Thomas T. Goldsmith Jr
dan Estle Ray Mann mematenkan sebuah "perangkat hiburan tabung sinar katoda"
Tabung sinar katoda sendiri biasa digunakan pada televisi tabung. Permainan yang mereka
patenkan ini bisa dibilang sebagai permulaan video game yang menantang pemainnya untuk
menembakkan senjata ke arah target. Pada 1952, seorang profesor Inggris bernama
A.S Douglas menciptakan video games yang disebut dengan OXO sebagai bagian dari
disertasinya di University of Cambridge. Permainan ini mirip dengan tic-tac-toe.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar